Outbound Training – Outbound training atau pelatihan di alam terbuka merupakan salah satu program pengembangan karyawan yang semakin banyak diterapkan oleh perusahaan terkemuka.
Hal ini terbukti dari meningkatnya jumlah perusahaan yang menggunakan program ini sebagai upaya pengembangan karyawan.
Program ini telah terbukti efektif dalam membentuk perilaku seseorang baik secara fisik maupun mental intelektual. Program pengembangan di alam memberikan banyak manfaat bagi perusahaan karena dapat meningkatkan kualitas berpikir karyawan dalam menganalisis suatu masalah di dalam perusahaan.
Program pelatihan manajemen di alam terbuka disajikan dalam bentuk permainan, simulasi, diskusi, dan petualangan sebagai media penyampaian materi.
Dalam Outbound Management Training (OMT), peserta secara aktif terlibat dalam aktivitas belajar dengan cara langsung melakukan tindakan (learning by doing) sehingga peserta akan segera mendapat umpan balik tentang dampak dari kegiatan yang dilakukan. Hal ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengembangan diri masing-masing pegawai di masa mendatang.
Oleh karena itu, program pelatihan di alam terbuka seperti outbound training merupakan metode yang efektif untuk mengembangkan keterampilan dan perilaku karyawan dalam menghadapi tantangan di lingkungan kerja.
Outbound Management Training (OMT) telah menjadi pilihan yang populer dalam program pengembangan karyawan di perusahaan-perusahaan terkemuka. Ancok (2003:04) menyebutkan beberapa alasan mengapa OMT dipilih, antara lain: (a) sebagai simulasi kehidupan kompleks yang disederhanakan, (b) menggunakan pendekatan belajar melalui pengalaman, dan (c) penuh dengan kegembiraan karena dilakukan melalui permainan.
Dalam OMT, orientasi kerja berfokus pada proses dan hasil kerja berdasarkan kerjasama antar unit organisasi. Media outdoor activities atau outbound training menjadi pilihan yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut.
Menurut Boyett dan Boyett (1998) seperti yang dikutip Ancok (2003:06), setiap proses belajar yang efektif memerlukan tahapan-tahapan penting, yakni: (a) pembentukkan pengalaman (Experience), (b) perenungan pengalaman (Reflect), (c) pembentukkan konsep (Form Concept), dan (d) pengujian konsep (Test Concept). Dengan mengikuti tahapan-tahapan ini dalam OMT, peserta dapat memperoleh pengalaman belajar yang lebih efektif dan meningkatkan keterampilan serta kemampuan kerjasama mereka.
Metode pelatihan outbound training menjadi pilihan yang populer bagi banyak perusahaan karena dapat membantu pengembangan karyawan secara efektif. Dalam metode ini, peserta terlibat secara aktif dalam aktivitas belajar dengan melakukan experiential learning yang melibatkan permainan, simulasi, diskusi, dan petualangan di alam terbuka. Hal ini membantu peserta untuk belajar dari apa yang mereka alami dan menghubungkannya dengan permasalahan hidup sehari-hari.
Metode ini memiliki beberapa nilai tambah, seperti memberikan keleluasaan bagi peserta untuk bergerak secara fisik, emosi, dan berpikir, yang tidak mungkin dilakukan dalam pelatihan konvensional dalam ruangan. Selain itu, metode outbound training juga membantu peserta dalam pengembangan perilaku manajerial yang lebih adaptif dan dapat menangani berbagai jenis tugas dan perubahan lingkungan yang kompetitif.
Dalam metode ini, terdapat empat tahapan belajar yang efektif, yaitu pembentukkan pengalaman, perenungan pengalaman, pembentukkan konsep, dan pengujian konsep. Dengan mengikuti tahapan ini, peserta dapat memperoleh umpan balik yang berguna untuk pengembangan diri mereka di masa depan.
Materi Outbound Training
Outbound Training – Program outbound training memiliki keterkaitan yang erat dengan prinsip dasar teori experiential learning. Selain menggunakan aktivitas di alam terbuka, program ini juga menggunakan metode yang berkaitan dengan pengembangan diri pribadi. Hal ini didukung oleh pandangan Hardjana (2001:49) yang menyatakan bahwa kegiatan eksperiential dijadikan materi pelatihan karena melalui kegiatan tersebut, terjadi proses pembelajaran dan perubahan pengetahuan, sikap, perilaku, kecakapan, dan keterampilan. Proses tersebut terjadi secara berkesinambungan melalui berbagai metode yang digunakan.
Selanjutnya, Hardjana (2001:50) juga menyebutkan bahwa bentuk kegiatan eksperiential dapat berupa permainan, pemecahan masalah, penyelesaian tugas, pengelolaan konsep atau teori baru. Bentuk kegiatan tersebut merangsang individu dalam meningkatkan kesadaran dalam membentuk sikap maupun perilaku yang diinginkan dalam situasi kerja.
Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa materi pelaksanaan metode outbound training berkaitan erat dengan asas teori experiential learning. Kegiatan tersebut dapat berupa permainan, pemecahan masalah, penyelesaian tugas, pengolahan konsep atau teori baru. Proses refleksi individu dapat meningkatkan kesadaran dalam membentuk sikap dan perilaku yang digunakan dalam situasi kerja. Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan proses belajar dan perubahan pengetahuan, sikap, perilaku, kecakapan, dan ketrampilan.
Sebelum menentukan materi outbound training, Randall dan Schuler (1997:331-336) menyarankan adanya analisis kebutuhan terlebih dahulu, baik kebutuhan organisasi maupun kebutuhan pribadi karyawan. Hal ini bertujuan agar materi yang diberikan dalam kegiatan outbound training bisa efektif dan efisien, karena sesuai dengan jabatan pekerjaan karyawan, kebutuhan organisasi, dan waktu yang tersedia. Pelaksanaan outbound training memiliki keuntungan karena dilakukan sesuai dengan kenyataan dengan observasi (pengamatan).
Dari proses observasi tersebut, didapatkan pengembangan atas konsep yang abstrak dan pola kerja. Proses dalam pelaksanaan outbound training memerlukan waktu yang cukup lama dan dukungan dari pihak perusahaan. Hal ini sangat penting, karena pengalaman nyata yang diikuti dengan pengembangan dari konsep abstrak akan menghasilkan situasi dan pola kerja yang optimal..
Pelaksanaan Outbound Training
Outbound Training – Tujuan dari pelatihan outbound training yang dikemukakan oleh Ancok (2003:36) adalah meningkatkan kemampuan pegawai dalam bekerja dalam tim (teamwork), meningkatkan motivasi dan keyakinan diri karyawan terhadap kemampuan pribadi (personal development), serta mampu berpikir kreatif (inovasi). Outbound training dapat digunakan untuk pengembangan kemampuan di bidang manajemen organisasi dan pengembangan diri.
Dengan menerapkan metode outbound training, pengembangan tim (team building) dapat meningkatkan sinergi dalam tim dan menciptakan nilai tambah yang tinggi dari perbedaan yang ada di antara anggota tim. Pengembangan budaya organisasi (culture development) juga dapat terlihat dari perilaku, atribut, hal simbolik, dan kebiasaan para anggota perusahaan yang mempengaruhi kinerja perusahaan. Pengelolaan perubahan (managing change) juga dapat dilakukan dengan outbound training untuk membantu menyesuaikan perubahan dan menghindari gangguan konsentrasi kerja bagi manajemen. Perencanaan strategis (strategic planning) juga dapat dilakukan dengan outbound training untuk menelaah faktor peluang dan ancaman yang ada di lingkungan strategis bisnis.
Untuk mencapai manajemen yang efektif, perusahaan perlu meningkatkan kemampuan sumber daya manusianya untuk dapat bekerja secara tim. Peningkatan ini meliputi aspek perilaku individu maupun saat berinteraksi dalam tim. Pelatihan dibutuhkan untuk membangun kemampuan, keterampilan, dan kemauan bekerja sebagai tim.
Simulasi outdoor activities dapat membentuk sikap, cara berpikir, dan persepsi yang kreatif serta positif dari setiap peserta. Hal ini terjadi melalui interaksi antara peserta dengan alam melalui kegiatan simulasi di alam terbuka. Konsep-konsep interaksi tersebut membangun rasa kebersamaan, keterbukaan, toleransi, dan kepekaan yang mendalam pada peserta. Diharapkan hal ini mampu memberikan semangat, inisiatif, dan pola pemberdayaan baru dalam perusahaan.
Selain itu, melalui simulasi outdoor activities, peserta akan dapat bekerja dalam kelompok (teamwork) dengan melakukan interaksi dalam bentuk komunikasi yang efektif, manajemen konflik, kompetisi, kepemimpinan, manajemen risiko, pengambilan keputusan, dan inisiatif. Hal ini akan memperkuat kemampuan sumber daya manusia dalam membangun tim yang efektif dan sinergis di dalam perusahaan.
Tujuan dan Manfaat Outbound training
Tujuan Pelatihan Outbound
Outbound Training – Tujuan outbound secara umum untuk menumbuhkan rasa percaya dalam diri guna memberikan proses terapi diri (mereka yang berkelainan) dalam berkomunikasi, dan menimbulkan adanya saling pengertian, sehingga terciptanya saling percaya antar sesama. Outbound sendiri mengedepankan kegiatan permainan yang mampu menumbuhkan motivasi pada diri pesertanya. Biasanya pola permainan yang diadakan melibatkan kerjasama antar team ataupun masing-masing individu itu sendiri, melatih pikiran dan aktifitas fisik yang memiliki unsur positif. Maka dari itu outbound adalah pilihan tepat bagi semua orang dalam pelatihan pengembangan diri yang fun dan menarik serta tidak membosankan. (Jamaludin Ancok, Outbound Management Training, hal 3).
Manfaat Pelatihan Outbound
Outbound Training – Secara umum manfaat-manfaat dari kegiatan outbound ini adalah untuk meningkatkan keberaninan dalam bertindak maupun dalam berpendapat. Kegiatan outbound membentuk pola pikir kreatif, serta meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual dalam berinteraksi. Kegiatan ini akan menambah pengalaman hidup seseorang menuju sebuah pendewasaan diri. Pengalaman dalam kegiatan outbound memberikan masukan yang positif dalam perkembangan seseorang (As‟adi Muhammad 2009).
Sedangkan menurut Badiatul Muchlisin menyebutkan manfaat dari kegiatan di alam terbuka (outbond), diantaranya :
Komunikasi efektif (effective communication) ; adalah pertukaran informasi, ide, perasaan yang menghasilkan perubahan sikap sehingga terjalin sebuah hubungan baik antara pemberi pesan dan penerima pesan.
Pengembangan tim (team building) ; adalah aktivitas yang digunakan untuk meningkatkan hubungan sosial dengan mendefinisikan peran masing-masing individu dalam suatu tim yaitu dengan melakukan kolaborasi dari berbagai tugas.
Pemecahan Masalah (problem solving) ; adalah usaha mencari penjelasan dan jawaban dari setiap masalah yang dihadapi.
Kepercayaan Diri (Self confidence) ; ekspetasi kepada pencapaian yang mampu dilakukan seseorang berdasarkan evaluasi atas kemampuan dan performanya terdahulu. Ketika kita yakin pada kemampuan diri, maka cenderung semakin termotivasi mencapai tujuan dan memiliki motivasi yang lebih tinggi.
Kepemimpinan (Leadership) ; adalah keterampilan praktis yang mencakup kemampuan seseorang atau sebuah organisasi untuk “memimpin” atau membimbing orang lain, tim, atau seluruh organisasi.
Kerja sama (Sinergi)
Permainan yang menghibur dan menyenangkan (fun games)
Konsentrasi/ fokus (concentration)
Kejujuran/sportivitas (Mulyono & Badiatul Muchlisin Asti. Smart games for Outbond Training. (Jokjakarta : Diva Press. 2008). Hal 39.)
Outbound Training – Menurut Jamaludin Ancok, Outbound Management Training, hal : 6-16, terdapat 4 (empat) tahapan dalam outbound training yaitu :
Pembentukan pengalaman (experience); Pada tahap ini peserta dilibatkan dalam setiap kegiatan atau permainan dalam outbound bersama dengan yang lainya dalam tim atau kelompok. Kegiatan yang berupa permainan dalam outbound merupakan salah satu bentuk pemberian pengalaman secara langsung pada anak. Pengalaman langsung tersebut akan dijadikan sarana untuk menimbullkan pengalaman intelektual, pengalaman emosional, dan pengalaman yang bersifat fisik