Saat ini banyak sekali muncul provider outbound dan Fasilitator untuk memfasilitasi kegiatan. Sehingga konsumen memiliki banyak pilihan.
Sebagian dari kita memahami bahwa kegiatan outbound adalah kegiatan game saja. Sehingga seringkali banyak pertanyaan dari pengguna jasa outbound “game nya ada berapa ? game nya di kurangi saja agar lebih murah.
Saat inipun mulai bermunculan praktisi-praktisi dan provider-provider outbound training yang menggunakan prinsip Experiential Learning Theory sebagai bagian dari metode pembelajarannya.
Bagi mereka, outbound bukan sekedar aktivitas fisik yang sifatnya rekreasional, menantang, dan melelahkan. Peserta outbound akan diajak untuk belajar lewat pengalaman mereka melakukan aktivitas-aktivitas tersebut.
Melalui keberadaan sesi debrief yang intens antara fasilitator dan peserta outbound, pengalaman-pengalaman tersebut akan disarikan menjadi sebuah pembelajaran.
Intensitas ini dapat dinilai dari muatan-muatan materi yang akan didiskusikan dalam sesi tersebut, dan durasi waktu yang dialokasikan dalam rundown untuk melakukan prosesnya.
Selain itu juga dapat dinilai dari profil dan kompetensi yang dimiliki para fasilitator yang akan memandu peserta outbound.
Di Indonesia, belum banyak provider outbound training dan secara konsisten menggunakan Experiential Learning Theory sebagai metode pelatihannya.
Ini terbukti dari image outbound training yang masih dianggap sebagai kegiatan yang semata-mata rekreasional (bersifat senang-senang), dilaksanakan di luar kota (outing), dan melelahkan (karena banyak aktivitas fisik), tetapi tidak berkaitan dengan program pengembangan SDM, bahkan berpengaruh terhadap peningkatan kinerja SDM di perusahaan/organisasinya.
Oleh karena itu kami berkomitmen untuk memberikan program – program outbound development yang menjadi program bukan sekedar Fun juga memiliki nilai nilai pembelajaran.
Percayakan perusahaan/organisasi anda pada provider outbound training yang mampu menunjukkan dan menjelaskan kesesuaian program pelatihannya dengan sistem manajemen SDM yang sudah berjalan di perusahaan/organisasi anda.